Adsense Indonesia Premium WordPress Themes

Juni 04, 2010

Convert File DVD (*VOB)


Tahukah Anda file DVD atau file yang berekstensi *VOB ini ?? ya ini merupaka file yang biasa terdapat dalam DVD entah itu film atau video musik lainnya. Nah, dalam kesempatan kali ini saya ingin mencoa mengconvert file dengan ekstensi *VOB menjadi *wmv. Sebelumnya saya dapat project untuk mengedit video dalam DVD dan saya sempat berpikir-pikir bagaimana untuk mengeditnya dalam Windows Movie Maker sedangkan Windows Movie Maker sendiri tidak menerima file yang berekstensi *VOB ?Nah lu, gimana tuh caranya??
Dengan memanfaatkan file sederhana meski berfasilitas trial, tapi saya gak peduli yang penting berhasil di convert. Ok untuk mempersingkat waktu, pertama persiapkan dulu video DVD atau ekstensi *VOB lainnya yang akan di convert. Setelah itu kita siapkan set_up aplikasi yang bernama Pocket-DVD Studio. Setelah dapatkan itu lalu langsung instal saja, tunggu hingga proses instal selesai.
Setelah proses instal selesai, bukalah aplikasi Pocket-DVD Studio yang tadi di instal.
Maka akan muncul gambar seperti ini.
Lalu klik Later..









Karena aplikasi ini masih trial jadi aplikasi ini tidak bisa mengconvert hingga full, namun jangan kwatir aplikasi ini masih memberikan durasi 5-10 menit per convert artinya kita hanya bisa mengconvert dalam durasi antara 5-10 menit dalam sekali convert setelah selesai proses mengconvert kita restart ulang aplikasinya.
Next, langsung saja klik open lalu pilih open DVD.









 
Lalu pilih direktori file yang dipersiapkan tadi.
Klik ok


Sebelum memulai record it, kita mencoba untuk sedikit mengkonfigurasi agar hasil video yang di record tidak jauh dari aslinya.
Pada tab Resolution kita pilih ukuran yang standar yaitu 640x480
Beri cek list pada Auto-stretch
Untuk mengubah nama atau file dimana akan ditempatkan pilih menu Options lalu klik Output Setting
Next, setelah selesai sedikit mengkonfigurasi lalu mulailah me-record, klik tombol play terlebih dahulu lalu klik tombol Record It.
Tunggu hingga proses record selesai 5-10 menit.


Setelah selesai maka akan muncul tampilan berikut :







Berarti video telah berhasil di record, klik Open output forder untuk membuka folder dari video tadi lalu klik play untuk mencoba sampai berapa menitkah durasi video tersebut.
Seperti pejelasan di atas tadi bahwa aplikasi ini hanya mampu merecord 5-10 maka kita harus melakukan beberapa kali untuk merecord selanjutnya hingga video itu selesai atau bisa dikatakan menjadi beberapa part/bagian (part1,part2…dst).
Untuk melanjutkan ke part selanjutnya, kita diperintahkan untuk merestart ulang aplikasi ini. Klik tombol  close saja lalu buka kembali aplikasi tersebut.
Seperti bisa pada tahap pertama klik Open lalu pilih Open DVD (video yang tadi).
Lalu geser durasi sampai mana dari video awal tadi. Klik play lalu klik record it lagi.
Lakukan terus langkah seperti ini hingga durasi videonya selesai.
Inilah cara yang cukup singkat untuk menconvert file *VOB menjadi *wmv mudah bukan ?? Semoga bermanfaat …
Selamat Mencoba …

oleh : black ordinary


1 komentar:

Posting Komentar

Jika anda berkenan dengan tulisan-tulisan diatas, tinggalkan komentar anda untuk kritikan dan saran. mohon maaf apabila masih ada salah-salah kata baik dalam tulisan maupun ejaannya.

Tulisan Populer